Tujuh Golongan Orang Yang Akan Dapat Naungan Di Padang Mahsyar








Jambitransnews.com
- Orang  yang akan mendapat naungan di Padang mahsyar

dalam hadist Rasulullah SAW menyebutkan ada 7 golongan orang yang mendapat naungan di padang mahsyar, yaitu:

1. orang yang gemar bersedekah 

bersedekah merupakan salah satu perintah Allah SWT. yang sangat mulia, setiap umat muslim di perintahkan oleh Allah SWT agar bersedekah, bersedekah adalah memberi sedikit atau banyaknya harta kita ke orang lain dengan niat membantu mereka karena  Allah SWT.

sebagaimana dalam firman Allah SWT dalam Q.S. An-Nisa' ayat 39

وَمَاذَا عَلَيْهِمْ لَوْ آمَنُوا بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقَهُمُ اللَّهُ ۚ وَكَانَ اللَّهُ بِهِمْ عَلِيمًا 


Artinya: “Apakah kemudharatannya bagi mereka, kalau mereka beriman kepada Allah dan hari kemudian dan menafkahkan sebahagian rezeki yang telah diberikan Allah kepada mereka? Dan adalah Allah Maha Mengetahui keadaan mereka.” 

Dan satu hal yang perlu kita selalu ingat bahwa sedekah tidak akan pernah membuat kita miskin, justru sebaliknya dengan kita bersedekah harta kita malah bertambah banyak.

2. pemimpin yang adil 

kedua, orang yang akan mendapatkan naugan di padang mahsyar adalah pemimpin yang adil. lalu bagaimana pemimpin yang adil itu?...yaitu pemimpin yang tidak dzolim terhadap rakyatnya dan tidak berat sebelah dalam mengayomi rakyatnya. 

Namun yang kita lihat sekarang di dalam negri kita justru banyak pemimpin yang berbalik dari kata adil, bagaimana banyaknya hukum yang tidak masuk akal yaitu tumpul ke atas dan tajam ke bawah, yang beruang dilakukan dengan terhormat namun yang miskin di perlakukan sebaliknya. semoga negri kita indonesia selalu di anugrahi pemimpin" yang adil

3. Hidup untuk beribadah 


وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ 


Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (Q.S Adz Dzariyat: 56) 

dalam ayat di atas dapat kita simpulkan bahwa tujuan kita hidup di dunia adalah untuk beribadah, ituah alasan kenapa allah menciptakan kita. namun banyak sekali pada zaman sekarang orang yang tidak memahami maksud dari ayat di atas. 

Mereka lebih senang menghabiskan hidupnya di dunia hanya untuk bersenang-senang, bermalas malasan, ataupun mengejar sesuatu yang bersifat dunia sampai-sampai lupa untuk beribadah kepada Allah SWT. padahal Allah lah yang menciptakan mereka di dunia dan menjamin rezeki serta kehidupan mereka semua.

4 Orang yang hatinya terpaut pada masjid 

Yaitu orang terutama anak muda yang sering  melakukan kegiatan di masjid, senantiasa sholat berjamaah di masjid, mengikuti kajian di  masjid, dan melakukan agenda kebaikan lainnya di masjid, sehingga hatinya selalu senantiasa terpaut oleh masjid

5. Dua orang yang mencintai karena Allah SWT

Seperti halnya ali dan fatimah, orang yang saling mencintai karena Allah SWT. pada saat di padang mahsyar nanti allah akan janjikan untuk mereka naungan agar terhindar dari panasnya padang mahsyar. yang dimaksud mencintai karena allah SWT adalah cinta yang menumbuhkan ketaqwaan terhadap Allah SWT pada keduanya, dan cinta tersebut bukan hanya cinta pada kekasihnya melainkan pada sahabat, teman, dan keluarganya.

6. orang yang berdzikir di waktu sunyi

yaitu orang orang yang mendirikan sholat malam atau sholat tahajud, mereka mengingat allah di malam hari ketika orang lain sedang terlelap dalam tidurnya

7.Seorang laki-laki yang diajak (berzina) oleh perempuan, lalu ia berkata, "Sungguh aku takut kepada Allah"

golongan terakhir ini mengingatkan kita dengan kisah nabi yusuf as yang pada saat itu di ajak berzina dengan perempuan yang cantik, kaya, dan memiliki kedudukan, namun apakah nabi yusuf ketika itu mau di ajak berzina dengan perempuan itu

sebetulnya nabi yusuf mau dan memiliki hasrat terhadap wanita itu, tapi kecintaan nabi yusuf terhadap Allah  SWT telah membakar hasrat tersebut hingga menjadi rasa takut untuk melakukan hal yang tidak disenangi Allah SWT. semoga kita bisa menjadi bagian dari golongan terakhir ini sehingga kita mendapatkan naungan pada saat di padang mahsyar nanti.

aamiin ya robbal 'alamin


Sumber : Kompasiana.com