Apakah HP Bisa Tersambar Petir jika Digunakan saat Hujan dan Mendung? Berikut Penjelasan dari Ahli


ilustrasi
Jambitransnews.com
- Apakah HP bisa disambar petir jika digunakan saat hujan dan mendung? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasannya dalam artikel ini.

Ketika langit mendung atau datang hujan biasanya disertai juga dengan adanya petir.

Orang yang sedang beraktivitas di luar akan menghindari adanya hujan dan petir dengan berlindung di dalam rumah atau bangunan lainnya.

Namun seringkali ketika mendung atau datang hujan yang disertai guntur dan petir, orang masih tidak terlepas dari menggunakan HP atau ponselnya.

Hal tersebut dikarenakan mungkin sebagian orang perlu menggunakan HP untuk bekerja dan melakukan komunikasi penting meski saat ada petir.

Padahal di sisi lain banyak masyarakat yang menganggap HP atau bisa disambar petir ketika digunakan saat hujan. Benarkah seperti itu?

Untuk mengetahuinya, simak penjelasannya sebagaimana dilansir PortalJember.com dari ncbi.nlm.nih.gov.

Sebagian orang menganggap bahwa HP bisa disambar petir karena di dalam ponsel terdapat logam yang dapat menarik petir. Padahal kenyataannya komponen HP umumnya mengandung sejumlah kecil logam saja.

National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menyebutkan bahwa petir tidak 'tertarik' pada orang-orang yang menggunakan HP.

Orang-orang bisa tersambar petir jika berada di tempat dan waktu yang salah yang memicu terjadinya sambaran petir, seperti ketika berada di luar ruangan saat badai petir datang.

"Orang-orang tersambar (petir) karena mereka berada di tempat yang salah pada waktu yang salah. Tempat yang salah adalah berada di mana saja ketika di luar. Waktu yang salah adalah kapan saja ketika badai petir datang," sebut pihak NOAA.

Sehingga meski seseorang tidak sedang menggunakan HP, namun ia berada di luar ruangan saat ada petir, maka bisa saja memicu terjadinya sambaran petir.

Selain itu, dalam jurnal artikel "Lightning injury facts myths, miracles, and mirages" yang diadaptasi dari seminar Neurology pada 1995, Cooper MA menyebutkan bahwa tidak ada bahaya petir yang melekat pada ponsel.

Sehingga informasi yang menyebutkan HP bisa disambar petir ketika hujan adalah tidak benar.

Hal tersebut dikarenakan penggunaan HP tidak ada hubungannya dengan bahaya sambaran petir.


Sumber : PortalJember.com