Ini Penyebab Tak Ada Alfamart dan Indomaret di Padang



Jambitransnews.com
- Jika di Jakarta banyak kita jumpai minimarket seperti Alfamart dan Indomaret, namun tidak demikian dengan Padang, ternyata pemerintah daerahnya mempunyai alasan khusus  menjadi kota paling besar di pantai barat Pulau Sumatra. Namun ada fakta unik ibu kota Sumatera Barat itu, ternyata tak ada gerai Alfamart maupun Indomaret di Padang? Apa alasannya?

Bukan tanpa alasan, kota besar seperti Bukittinggi, Padang, dan daerah sekitar di Sumbar tak ada satupun minimarket waralaba karenakan retail raksasa tersebut tidak mendapat izin masuk oleh pemerintah daerah setempat.

Pemprov Sumbar sudah berkomitmen melarang beroperasinya ritel Alfamart dan Indomaret sebagai upaya melindungi UKM dan pengusaha lokal.

"Kami tetap konsisten dengan kebijakan itu karena ini merupakan sesuatu yang positif untuk Sumbar," kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy dikutip dari Merdeka.com.

Pemerintah setempat khawatir bila bisnis ritel itu diberu izin masuk, akan mematikan pedagang tradisional setempat dan merusak perekonomian daerah, sedangkan Pemerintah Kota Padang sendiri ingin tetap menjaga usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal.

Menurut Audy, kebijakan ini mendapatkan respons positif dari berbagai kalangan di luar Sumatera Barat. Dia berharap pengusaha lokal yang bergerak di bidang ritel mengambil peluang ini.

"Sebenarnya kalau mau buat usaha ritel di Sumbar peluangnya besar karena Indomaret dan Alfamart tidak ada," ujarnya.

Audy memastikan lewat kebijakan ini bukan berarti Sumbar menutup diri dari investasi luar namun memberikan peluang bagi pelaku usaha ritel lokal berkembang. Ia menilai, kunci keberhasilan usaha ritel adalah dikelola dengan baik mulai dari operasional, sumber daya manusia, dan lainnya.

Meski begitu, bukan berarti di Sumatera Barat sama sekali tidak tersedia minimarket. Ada juga beberapa minimarket dimiliki oleh perorangan dan bukan merupakan waralaba. Minimarket di Sumatera Barat umumnya disebut toko serba ada.


Sumber : Dream.co.id