Harga TBS Di Aek Nabara Barumun Anjlok,Petani Minta Solusi Pemerintah



PADANG LAWAS
- Harga TBS di wilayah Kecamtan Aek Nabara Barumun kabupaten Padang Lawas Anjlok,dari impormasi yang didapat media ini, harga TBS ketingkat  petani dihargai cuma Rp 700, 800/kgnya anjloknya harga buah kelapa sawit yang terjadi saat ini membuat petani yang ada di Aek Nabara Barumun menjerit, bahkan terancam tidak bisa merawat kebunnya sendiri karena biaya produksi sudah tidak sesuai dengan harga TBS saat ini.

Juhari Daulay Salah seorang petani sawit daerah setempat Minggu 26/6/2022 mengatakan saat ini harga kelapa sawit di pabrik, Ram seperti hari ini kita dengar di kisaran Rp 1150 rupiah rupiah per kilogram, sedangkan kekita petani Rp 700,800/kg nya upah panen saja 250 Rupiah/kg nya, ahirnya yang kita dapat cuma di kisaran 500,600 rupiah perkilo gramnya Sementara hasil produksi kebun lagi atrek buah katanya.

"Kalau harga sawit seperti ini kita petani sawit mau makan apa , hanya dari hasil sawit pendapatan yang kita andalkan, keluhnya.


Dirinya berharap agar pemerintah bisa mengambil kebijakan agar harga buah kelapa sawit bisa kembali membaik, sehingga ekonomi masyarakat bisa kembali normal.

"Kita memohon kepada pemerintah daerah, provinsi dan pusat agar mengambil kebijakan terkait permasalahan ini, sehingga harga buah kelapa sawit bisa kembali membaik" harapnya.


Penulis: Regar Do