Wabup Bakhtiar Gelar Rakor Bersama Para Penyuluh Dinas PPP



BATANGHARI
,-Wakil Bupati Batang Hari Bakhtiar menggelar rapat koordinasi dengan para penyuluh pertanian dari Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten setempat.

Hal tersebut merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan sektor bidang pertanian, mengingat di bumi serentak bak regam mayoritas masyarakat kebanyakan yakni bertani.

Selain Wabup Batanghari tampak hadir juga Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Farizal, Kepala Bidang serta para staff dan juga para penyuluh Pertanian Se-Kabupaten yang berpusat di kantor Dinas PPP.

Pada kesempatan tersebut Wabup Bakhtiar menginginkan sektor pertanian yang ada di bumi serentak bak regam harus dikembangkan semaksimal mungkin. Selasa (21/02/2023)

Tak hanya itu, didalam pengelolaan lahan yang masih dianggap berpotensial juga harus digenjot guna memenuhi kebutuhan pangan di wilayah Kabupaten Batanghari.

Saya juga meminta untuk para penyuluh untuk memberikan data yang lengkap dan akurat tentang berapa jumlah kelompok tani yang ada di Batanghari, bahkan apa saja yang dibutuhkan dan tanaman apa saja yang cocok didaerah setempat,” Ujarnya.

Wabub juga berpesan agar terus mengembangkan komoditi di masing masing bidang pertanian, akan tetapi bagi para penyuluh harus terlebih dahulu memahami lokasi yang baik untuk pertanian yang akan dikembangkaan, dan melihat kondisi musim atau cuaca.

“Jadwal tanam pangan di Batang Hari juga sangat perlu melihat kondisi musim atau cuaca, bahkan sarana prasarana yang perlu diperhatikan, seperti alat Alsintan yang sangat perlu didata mulai dari kelayakan dan kebutuhan harus sesuai,”Ungkap Bakhtiar

Disamping itu, mantan Sekda Batanghari juga berharap, agar Pemerintah Desa juga harus bisa mengelola Dana Desa (DD) untuk membantu penyuluh pertanian dalam mengembangkan pertanian.

“Untuk mencapai program itu, diharapkan Dana Desa mampu mendukung kegiatan dari mulai produksi, penyediaan lahan dan infrastruktur penunjang, pengolahan dan pemasaran,” pungkas  Bakhtiar...(zom)


Redaksi