Sekda Azan Tinjau Lokasi Pelaksanaan MTQ Ke-53, Tingkat Kabupaten Batanghari di Mersam



BATANGHARI
,- Sekretaris Daerah (Sekda) M. Azan secara langsung tinjau kesiapan lokasi pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-53 tingkat Kabupaten Batanghari pada Selasa, (11/04/2023) di Kelurahan Kembang Paseban. MTQ kali ini dimana, Kecamatan Mersam terpilih sebagai tuan rumah dalam pelaksanaannya.

Sekda Azan mengatakan, terpilihnya Kecamatan Mersam sebagai tuan rumah kegiatan MTQ tingkat kabupaten, lantaran lokasi yang cukup strategis. “Kita lihat lokasinya cukup luas, sehingga nanti saat pemasangan interior cukup fleksibel,” sebutnya.

Dirinya mengatakan, kegiatan MTQ ke-53 tingkat kabupaten Batanghari sendiri direncanakan akan dilaksanakan pada awal Juni mendatang. Saat ini pemerintah Kabupaten Batang Hari maupun kecamatan dan OPD terkait, saling berkoordinasi untuk mematangkan persiapannya. “Untuk tanggal pasti Insyallah segera diinformasikan, diperkirakan pelaksanaannya pada awal Juni ini,” ucapnya.

Selaku Camat Mersam, Kabupaten Batanghari, Raden Tarmizi mengatakan, saat ini persiapan di kecamatan sudah lebih dari 50 persen. Dimana pihaknya, sudah melakukan koordinasi dengan ketua RT hingga tokoh masyarakat setempat. “Alhamdulillah kita sudah melaksanakan kegiatan bekerjasama dengan RT setempat dan tokoh masyarakat. Persiapan lain untuk acara sudah kita persiapkan,” ujarnya.

Adapun untuk persiapan pemondokan para khafilah dan juga dewan hakim, sudah dipilih lokasinya sejak jauh hari.

Berikut 12 mata lomba yang nantinya diperlombakan pada kegiatan MTQ tingkat kabupaten Batanghari;

Cabang Tilawatil Quran

Cabang Hifzhil Qur’an

Cabang Tafsir Al Qur’an

Cabang Fahmil Qur’an

Cabang Syarh Qur’an

Cabang Khat Al Qur’an

Cabang Musabaqoh Karya Tulis Ilmiah

Cabang Musabaqoh Hadist Nabi

Cabang Barzanji Marhaban

Cabang Qiroatil Kutub

Cabang Penyelenggaraan Jenazah

Cabang Tilawah Qiro’at.

Turut mendampingi Sekda Azan cek lokasi MTQ yakni, Asisten I Setda M. Rif’ai, Kadiskominfo Amir Hamzah, Kabag Kesra Setda Munir, Kabid Alkal PUTR Riko Saputra, Forkopimca Mersam, Lurah Kembang Paseban, Ketua RT lokasi arena MTQ dan para pendamping lainnya..(zom)


Redaksi