Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup Muaro Jambi Gelar Seminar



MUAROJAMBI
,-Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi gelar seminar dalam upaya pembinaan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pelaksanaan pengelolaan air limbah dengan benar dan baik agar tidak merusak lingkungan secara langsung ke badan sungai.

Bertempat di Ruang Aula Rumah Dinas Bupati Kabupaten Muaro Jambi, Kamis (20/6/2024. Pelaksanaan kegiatan ini dihadiri oleh PJ Bupati Muaro Jambi yang diwakili oleh Asisten Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Muaro DR. Ridwan, SH.MH dan para tamu undangan serta para pelaku UMKM se Kabupaten Muaro Jambi. 

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024 kali ini, berdasarkan Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 yang diterbitkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dengan tema utama peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini secara global adalah "Land Restoration, Desertification, and Drought Resilience". Sedangkan tema untuk di Indonesia adalah "Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan"


Tema ini diharapkan dapat menjadi pengingat bahwa penyelesaian masalah iklim dapat dilakukan melalui inovasi dan upaya pemulihan lahan yang diharapkan dapat melibatkan teknologi dan inovasi. Selain itu, seluru pemangku kepentingan juga diharapkan mengedepankan prinsip keadilan dan inklusivitas dalam menghadapi isu lingkungan.

"Keadilan" dalam tema ini menekankan bahwa solusi permasalahan iklim harus bisa dirasakan manfaatnya oleh semua lapisan masyarakat. Termasuk dengan melibatkan komunitas lokal dalam proses pengambilan keputusan untuk mengelola dan mengakses sumber daya alam.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi Evi Syarul dalam penjelasannya. Kegiatan pengawasan dan pembinaan yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan, penting untuk dijaga bersama-sama terutama bagi para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Muaro Jambi. 

":Rangkaian kegiatan yang kita laksanakan, yang pertama yaitu seminar pengelolaan air limbah bagi pelaku usaha mikro kecil dan UMKM se Kabupaten Muaro Jambi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan, bahwa pelaksanaan pengelolaan limbah bagi pelaku UMKM ini untuk memberikan pengetahuan dan wawasan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah dalam rangka pengelolaan air limbah dan usaha kegiatan dihasilkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku " paparnya.

Kegiatan seminar dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 Kabupaten Muaro Jambi dibuka secara langsung oleh PJ Bupati Muaro Jambi yang diwakili oleh Asisten Perekonomian, DR. Ridwan, SH.MH.

Dalam sambutannya, DR. Ridwan, SH.MH menjelaskan, untuk hari lingkungan hidup tahun 2004 difokuskan pada kegiatan pemulihan lahan penggalian disterifikasi dan ketahanan terhadap kekeringan, yang mana pada saat ini dunia menghadapi travel kerusakan alam dan lingkungan hidup.(*)


Redaksi