PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Ajak Masyarakat Kompak Lestarikan Adat



Sarolangun
,-Pemerintah Desa Lubuk Bangkar menggelar kegiatan upacara adat berupa Kenduri Turun Betahun, yang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat setempat untuk turun serentak dalam bercocok tanam khususnya padi sawah.

Kegiatan upacara adat tersebut berlangsung Rabu (26/06/2024) yang juga sekaligus syukuran atas terpilihnya kembali Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc sebagai Penjabat Bupati Sarolangun.

Kegiatan itu turut dihadiri langsung Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, bersama Ibu Ketua TP PKK Sarolangun Ny Indah Dewi Bachril yang disambut dengan hangat oleh masyarakat secara adat istiadat berupa aksi beladiri.

Pj Sarolangun Bachril Bakri mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan adat berupa kenduri turun betahun tersebut yang dilakukan sebagai salah upacara adat bagi masyarakat untuk memulai bercocok tanam khususnya tanam padi sawah, maupun padi ladang.

” Cukup meriah tadi, saya berterima kasih kepada kades lubuk bangkar dalam melaksanakan kegiatan kenduri turun betahun, salah satu kegiatan adat untuk memulai bercocok tanam serta sekaligus juga syukuran terhadap penunjukan kami sebagai PJ Bupati Sarolangun,” katanya.

Maka dari itu, iapun mengucapkan rasa terima kasih kepada Kades Lubuk Bangkar, yang telah membuat program untuk melestarikan adat istiadat di desa dengan baik. Tentu ini bisa dijadikan contoh bagi Pemerintah Desa lainnya di wilayah Kabupaten Sarolangun, untuk bagaimana membuat kekompakan masyarakat di desa sekaligus kelestarian adat istiadat.

” Para kades kami himbau agar bisa mencontoh dari yang telah dilakukan kades lubuk bangkar, dan juga kades muara Cuban yang juga ketua APDESI Provinsi Jambi, kalau kades muara Cuban membangun objek wisata untuk peningkatkan UMKM, dan BUMD serta intinya acara seluruh Kades manfaatkan anggaran dana desa dengan baik dan memberikan manfaat kepada masyarakat,” tutup nya.*(Yy)*


Redaksi