Bupati Fadhil Buka Acara Kenduri Swarnabhumi



jambitransnews.com
-Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief membuka langsung kegiatan Kenduri Swarnabhumi Festival Suku Batin IX yang dilaksanakan di Desa Muaro Singoan Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari pada Sabtu, (20/7/2024).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pamong Budaya Ahli Utama Kemendikbudristek RI Siswanto, Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Jambi Temewisman, unsur Forkompimda Kabupaten Batanghari dan tamu undangan lainnya.

 

Dalam sambutannya, Fadhil mengatakan  bahwa kegiatan Kenduri Swarnabhumi ini merupakan momentum bagi masyarakat Kabupaten Batanghari khususnya untuk dapat merefleksikan kembali bahwa sungai merupakan sumber kehidupan. 

"Kegiatan ini untuk memancing kembali dan mengingatkan kepada kita bahwa sungai adalah sumber kehidupan kita," ujarnya. 

Lebih lanjut, Fadhil mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Muaro Singoan dan panitia yang sudah berkontribusi dalam pelaksanaan Kenduri Swarnabhumi Festival Suku Batin IX ini.

Pamong Budaya Ahli Utama Kemendikbudristek RI Siswanto, mengatakan bahwa kegiatan Kenduri Swarnabhumi ini dilaksanakan di 10 kabupaten kota di Provinsi Jambi dan Kabupaten Dharmasraya di Provinsi Sumatera Barat. 

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memperkuat tradisi dan kebudayan yang ada, terkhusus bagi generasi muda. 

"Masyarakat antusias dengan kegiatan dan gotong royong dalam melaksanakan kegiatan ini. Ini kita harapkan bisa bertumbuh  dan akar tradisi dilaksanakan di masyarakat agar warisan budaya bisa terus dilestarikan," ujarnya. ..(cla)


Redaksi