Bupati Tanam Padi Perdana Di Desa Olak Besar



Jambitransnews.com
-Bupati Batang Hari Muhammad Fadhil Arief bersama Kepala Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan (PPP)  tanam perdana padi sawah 2024 secara Simbolis yang berlokasi di persawahan Pematang Temiang Desa Olak Besar Kecamatan Batin XXIV, Selasa (16/07/2024).

Turut hadir Bupati Batang Hari, Asisten II, unsur Forkopimda, Para OPD, Forkopimcam, Camat Batin XXiV, Para Kades, serta tamu undangan lainnya.


Sebagaimana kita ketahui bersama, Kabupaten Batang Hari menjadi sektor pertanian sebagai program strategis nasional yang dilaksanakan guna mewujudkan swasembada pangan di Kabupaten Batang Hari kedepannya, hal ini tentunya sangat sejalan dengan program pemerintah kabupaten Batang Hari menjadikan sektor pertanian sebagai andalan, sesuai visi Kabupaten Batang Hari yaitu perubahan menuju arah baru Batang Hari i tangguh.

Bupati dalam sambutannya mengatakan Mesin kalau tidak digunakan Lama lama akan berkarat dan tidak berfungsi, Di Batang Hari begitu banyak pembangunan yang sudah lama terbengkalai, dan ini menjadi tantangan bagi kita semua agar aset kita tidak akan sama nasibnya seperti Mesin yang tidak berfungsi.

Keseimbangan lahan pangan dan peternakan sangat penting karena akan saling membutuhkan dan menguntungkan kalau bisa  berdampingan dan bersama.

“Ke-depan kalau kita diizinkan Allah SWT atas restu masyarakat Batang Hari disamping kita menggalakan lahan pangan sawah, kita juga akan menggalakan peternakan, “ungkapnya.

Kadis PPP Pahrizal menyambut dengan baik dan sangat gembira dengan diselenggarakannya tanam perdana padi sawah di Desa Olak Besar Kecamatan Batin XXIV, karena lahan sawah itu sudah lama tidak pernah diolah dan ditanami padi, karena semangat masyarakat dan didukung oleh Gapoktan dari pemerintah Desa, tahun ini dibuka kembali lahan persawahan yang ditargetkan mencapai 17h.

“pada tahun 2023 lahan sawah yang sudah ditanami padi sebanyak 23h, insyaallah tahun ini akan mencapai 40 h, ”jelasnya.

Untuk diketahui pada tahun 2024 Kabupaten Batang Hari mendapat alokasi bantuan pemerintah berupa benih padi sebanyak 50.045 kg atau seluas 2.082, 8 ha yaitu

-bantuan benih padi melalui dana APBN sebanyak 12.500 kg (500 ha).

-Bantuan benih padi kegiatan optimalisasi lahan sebanyak 24.325 kg (973 ha).

-Bantuan padi untuk bencana alam (puaso awal tahun 2024) sebanyak 2000 kg (80 ha).

-Bantuan benih padi dana APBD I Provinsi Jambi sebanyak 5000 kg (200 ha).

-Bantuan Benih Padi Dana APBD II Kabupaten Batang Hari sebanyak 8.220 kg (328,80 ha).

Bantuan pemerintah sudah disalurkan kepada kelompok tani  yang berhak menerimanya sesuai dengan Calon Petani dan Calon Lokasi (CPCL) yang diusulkan. (cla)


Redaksi