Wabup Bakhtiar Resmi Tutup Festival Suku Batin IX, Kenduri Swarnabhumi



Batanghari
,-Wakil Bupati Batanghari Bakhtiar menutup secara resmi Festival Suku Batin IX, Kenduri Swarnabhumi di Lapangan Sepak Bola King Lion, Desa Muaro Singoan, Senin (22/07/2024).

Turut hadir dalam acara tersebut, Asisten I Setda Provinsi Jambi, Kepala OPD terkait, Camat Muara Bulian, Danramil Muara Bulian, Kepala Desa, serta para tamu undangan lainnya.

Acara diawali dengan pembacaan doa, serta menetapkan pemenang lomba yang telah berlangsung selama Festival tersebut. Adapun kategori serta nama pemenag perlombaan tersebut sebagai berikut:

Lomba Gelar Berengkes dimenangkan oleh SD 40 Bajubang Laut;

Lomba Karnaval Suku Batin IX, kategori kelompok, dimenagkan oleh Desa Muaro Singoan;

Sedangkan, Karnaval Suku Batin IX dengan katagori per orangan, dimenangkan oleh Saudara Hermanto.

Selanjutnya, perlombaan untuk Tari Tradisi Sekolah Dasar (SD) dimenagkan oleh SDN 112 Perumnas. Sedangkan kategori Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Batanghari. Dan, terakhir kategori sanggar dimenagkan oleh Sanggar Seni Baco Lancai.

Selesai membacakan pemenang perlombaan, dilanjut dengan kata sambutan dari Kepala Desa (Kades) Muaro Singoan, Samadani.

Dalam sambutannya, Samadani mengatakan, semoga dengan acara Kenduri Swarnabhumi ini, bisa membuat Desa Muaro Singoan sebagai desa wisata.

“Harapan kami, semoga ke depannya desa kami bisa dikunjungi oleh masyarakat yang ingin mengenal Suku Batin IX tersebut,” harapnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PDK) Batanghari, Zulfadli dalam sambutannya mengucapkan, rasa terima kasih kepada warga yang telah mensukseskan kegiatan tersebut.

“Terima kasih saya sampaikan kepada warga Desa Muaro Singoan, Olak, Aro, Sungai Baung serta Bajubang Laut, yang telah mensukseskan kegiatan Karnaval Suku Batin IX, Kenduri Swarnabhumi, di Desa Muaro Singoan,” ucapnya.

Sementara itu, Asisten I Setda Provinsi Jambi, Arif Munandar mengatakan rasa terima kasih serta apresiasi, atas terlaksananya acara ini.

“Saya atas nama Gubernur Jambi, mengucapkan rasa serta mengapresiasi kegiatan ini, sehingga bisa berlangsung dengan lancar dan sukses, karena acara ini merupakan acara tahunan yang ada di Provinsi Jambi, yang berada di aliran Sungai Batanghari,” katanya.

Di tempat yang sama, Wabup Batanghari, Bakhtiar dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Kenduri Swarnabhumi merupakan yang ke-3 kalinya di Kabupaten Batanghari.

“Ini merupakan agenda dari Provinsi, Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Barat, termasuklah 14 kabupaten/kota yang melaksanakan, malam hari ini yang dilaksanakan secara berkala di Kabupaten Batanghari, manfaat yang tentu yang kita harapkan secara bersama pada kesenian malam ini, kita mengingat seni dan budaya yang menjadikan kearifan lokal kita di Kabupaten Batanghari,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia juga mengigatkan, dalam hal mengangkat dari pada budaya-budaya kita yang lama.

“Pada malam hari ini, kita saksikan bersama kita mengangkat Suku Batin 9 yang ada di Kabupaten Batanghari, karena proses peradaban kita di anak-anak sungai yang menuju Sungai Batanghari, serta banyak peninggalan yang kita temukan di antaranya adalah batu bata yang sudah berabad-abad yang lalu yang diperkirakan pada abad ke-3 di Seberang Desa Olak,” sambungnya.

Masih menurut Bahktiar, bahwa memang banyak lagi yang perlu diperbaiki secara bersama mengangkat seni dan budaya yang ada di Kabupaten Batanghari ini.

“Ini membawa nama baik mengurusi lingkungan, membawa nama baik Provinsi Jambi dan membawa nama baik Kabupaten Batanghari, tentunya mengharapkan para anak-anak selalu mempromosikan daerah kita supaya lebih dikenal, tentunya masyarakat dan desa-desa tetangga selalu menerimakan memberikan keamanan dan kenyamanan ketika orang datang,”harapnya.(cla)


Redaksi